Seputar Peradilan

Kwandang | pa-kwandang.go.id

Pelayanan “Istbat Nikah” Terpadu

Menjelang akhir bulan Juli 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kwandang (sebagai fasilitator) dan Kantor Kementrian Agama, menggelar sidang Istbat Nikah Terpadu bagi masyarakat diwilayah hukum Kecamatan Kwandang. Rabu, tanggal 30 Juli 2019 M, bertepatan dengan tanggal 27 Zulkaidah 1440 H. pukul 09.00 WITA. suasana Aula Kantor Kecamatan Kwandang Nampak dikerumuni oleh para pasangan suami isteri dan nampak raut wajah mereka yang berseri – seri, karena pada hari ini dan ditempat inilah para peserta sidang istbat nikah akan diakui status pernikahannya secara resmi oleh negara yang mana akan dikeluarkan oleh Kantor Urusan Agama.

Sebanyak 48 ( Empat puluh delapan ) para Pasutri yang berasal dari kecamatan Kwandang yang pernikahannya belum tercatat di KUA, mereka menjalani sidang istbat demi untuk mendapatkan buku nikah yang sah di mata hukum. Tujuan diadakanya kegiatan ini adalah untuk memberikan kepastian hukum dan status yang jelas bagi pasangan suami istri yang belum mempunyai buku nikah, serta untuk mengangkat harkat dan martabat serta derajat para pasangan suami isteri.

istbat 1

Foto : Tampak Majelis Hakim Sedang melayani Pemohon sidang Istbat Nikah Terpadu

Setelah perkara yang disidangkan dinyatakan putus (dikabulkan) oleh Hakim, saat itu pula Para Pemohon sidang Itsbat Nikah Terpadu akan menerima salinan Penetapan, yang mana Salinan Penetapan itu menjadi syarat utama bagi Kantor Urusan Agama untuk menerbitkan Kutipan Akta Nikah.

 

istbat 3