Seputar Peradilan

SIDANG ISBAT NIKAH TERPADU TAHUN 2019

PENGADILAN AGAMA KWANDANG

Rabu, 18 September 2019 bertempat di aula Kantor Camat Tolinggula, pemerintah daerah Gorontalo Utara bekerja sama dengan Pengadilan Agama Kwandang dan Kementrian Agama Kabupaten Gorontalo Utara melaksanakan sidang Isbat Nikah terpadu bagi masyarakat diwilayah kabupaten gorontalo utara. Sebanyak 104 perkara pasangan yang tercatat pada isbat nikah terpadu tersebut, hadir dalam acara tersebut Bagian hukum pemda Gorut, kepala kantor kemenag gorut dan wakil ketua pengadilan tinggi agama gorontalo dan para undangan dari berbagai instansi. Isbat Nikah Terpadu ini kedua kalinya dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Kwandang dan juga merupakan kegiatan yang dilaksanakan Pemda Gorontalo Utara setiap tahunnya.

WhatsApp Image 2019 09 19 at 10.47.56

Situasi saat sidang perkara Isbat Nikah Terpadu di kecamatan Tolinggula hari Rabu tanggal 18 September 2019

Pelaksanaan isbat nikah terpadu ini dilaksanakan di 2 tempat yaitu di kecamatan tolinggula dan kecamatan biau, untuk wilayah kecamatan tolinggula sebanyak 57 perkara yg disidangkan dan untuk kecamatan biau sebanyak 47 perkara.
Program ini sangat membantu dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan legalitas terhadap perkawinannya.

WhatsApp Image 2019 09 19 at 10.47.55

 

 

WhatsApp Image 2019 09 19 at 10.47.54

Setelah perkara yang disidangkan dinyatakan dikabulkan oleh Hakim, saat itu pula pemohon sidang Isbat Nikah Terpadu akan menerima salinan Penetapan, yang mana salinan penetapan itu menjadi syarat utama bagi Kantor Urusan Agama untuk menerbitkan Kutipan Akta Nikah. Disaat bersamaan setelah Kantor Urusan Agama menerbitkan Kutipan Akta Nikah, pemohon yang perkaranya telah dikabulkan akan menerima Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.