Seputar Peradilan

Kwandang | pa-kwandang.go.id

Sidang Istbat Terpadu di Kabupaten Gorontalo Utara

88

“Istbat nikah” adalah pengesahan nikah seorang laki-laki dan perempuan muslim yang pernikahannya telah dilaksanakan dan memenuhi sarat, rukun perkawinan namun tidak dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA). Adapun penyebutan “Itsbat Nikah Terpadu” karena melibatkan tiga lembaga yakni Mahkamah Agung, Depdagri dan Kemenag yang pada level pelaksanaan melibatkan PEMDA Kabupaten Gorontalo Utara, Pengadilan Agama Kwandang dan Kemenag Kabupaten Gorontalo Utara.

 

55

Foto: Tampak dalam Foto Ketua Pengadilan Agama Kwandang dan Panitera Pengadilan Agama Kwandang serta Para Pihak saat proses sidang berjalan.

Kegiatan istbat nikah terpadu ini diadakan di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Atinggola dan Kecamatan Gentuma. Dimana di kecamatan Atinggola terdapat 40 Perkara Permohonan Itsbat Nikah dimana 35 Perkara dinyatakan Putus dan sisa 5 perkara lagi tidak dikarenakan tidak hadir saat persidangan. Sedangkan untuk Kecamatan Gentuma terdapat 30 Perkara dimana keseluruhan perkaranya dinyatakan putus oleh Majelis Hakim.

77

Foto : Para Peserta Sidang Istbat Nikah Terpadu di Kecamatan Gentuma