Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Kwandang Gelar Pelantikan Hakim Baru,
Pejabat Struktural dan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Kwandang | www.pa-kwandang.go.id

Capture

Rabu (29/04/2020) pukul 09.00 WITA Ketua PA Kwandang, Warhan Latief, mengambil sumpah dan melantik Muhammad Taufiqullatif, S.H.I. dan Arsha Nurul Huda, S.H. sebagai hakim PA Kwandang. Acara yang berlangsung di Ruang Sidang Utama itu dihadiri oleh hakim dan pegawai PA Kwandang serta tamu undangan. Sebelum pengambilan sumpah dan pelantikan dilakukan, terlebih dulu dibacakan SK Dirjen Badilag Nomor 980/DJA/KP.04.6/SK/3/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang Penempatan Hakim PA/Msy yang pada intinya menempatkan Muhammad Taufiqullatif, S.H.I. dan Arsha Nurul Huda, S.H. dari jabatan calon hakim PA Kwandang menjadi hakim PA Kwandang.

Sebelum acara pengambilan sumpah dimulai Ketua Pengadilan Agama Kwandang mengingatkan hakim yang disumpah bahwa sumpah yang diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945 serta tanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat. “Sumpah ini disaksikan oleh diri sendiri dan oleh semua yang hadir serta disaksikan oleh Allah karena Allah Maha Mengetahui. Manusia hanya dapat mengetahui dari kata-kata dan perbuatan, tetapi Allah mengetahui apa yang tampak dan apa yang tersembunyi. Allah mengetahui kedua-duanya,” lanjutnya.

Dengan penuh khidmat Ketua PA Kwandang kemudian membacakan kata-kata sumpah yang ditirukan oleh hakim yang disumpah sebagai berikut:

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban hakim dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa”.

Pengambilan sumpah dilanjutkan dengan pelantikan. “Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa atas rahmat dan taufiq-Nya, pada hari ini Rabu, tanggal 29 April 2020, saya Ketua PA Kwandang berdasarkan SK Dirjen Badilag Nomor 980/DJA/KP.04.6/SK/3/2020 tanggal 17 Maret 2020 dengan resmi melantik Saudara Muhammad Taufiqullatif, S.H.I. dan Saudara Arsha Nurul Huda, S.H. sebagai Hakim Pratama pada PA Kwandang,” demikian antara lain kata-kata pelantikan Ketua PA Kwandang.

Setelah itu, Ketua PA Kwandang menyematkan lencana hakim di dada sebelah kiri hakim yang disumpah/dilantik sebagai pertanda bahwa yang bersangkutan telah resmi menjadi hakim.

Di samping melantik hakim, di hari yang sama Ketua PA Kwandang juga melantik dan mengambil sumpah 1 (Satu) pejabat di lingkungan kesekretariatan Pengadilan Agama Kwandang dan 3 (Tiga) orang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pejabat yang disumpah itu bernama Yerni Biahimo, S.E yang sebelumnya menjabat sebagai Bendahara di Pengadilan Agama Limboto dan kini mendapat promosi menjadi Kepala Sub Bagian Kepegawaian PA Kwandang berdasarkan Surat Keputusan Sekrataris Mahkamah Agung Nomor 146/SEK/Kp.I/SK/III/2020 tanggal 16 Maret 2020 Sedangkan PNS yang diambil sumpah adalah Natan Kaharu, S.H., Ryo Arfian Mahendra, S.E. dan Rudi Christian, Amd.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut seluruhnya berjalan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid19 yang saat ini sedang melanda dunia, termasuk Indonesia. Acara diakhiri dengan doa dan dilanjutkan pemberian ucapan selamat oleh Ketua PA Kwandang dan diikuti oleh hakim, pegawai yang hadir dan tamu undangan